marque

welcome to my blog, MY NAME IS YULI RAHMAWATI, THANK YOU FOR WELCOME. SEE YOU

Kamis, 24 November 2011

Tata cara instalasi windows xp

Hai... apa kabar untuk yang telah menggunjungi blog saya ataupun yang belum semoga keadaan kalian baik-baik saja ya..oh iya sekarang saya akan memberitahu kalian bagaimana cara melakukan instalasi terhadap komputer kalian kan..dan bagi yang belum bisa atau belum tau ataupun mengerti benar bagaiman carannya.tenang caya akan memberitahu kalian ya..bagimana carannya ..berikut carannya.. semoga dimengerti ya teman -teman ...

Cara yang pertama agar anda tidak terlalu repot sebaiknya kalian menyiapkan barang - barang yang dibutuhkan dalam melakukan penginstalan windows xp:

Spesifikasi minimum hardware yang dibutuhkan:
  • Prosesor Pentium 1.5 Ghz/AMD yang setara
  • CDROM/DVDROM drive
  • RAM 128 MB
1.  Siapkan CD Master Microsoft Windows XP yang telah disiapkan tadi (yang asli ya...jangan bajakan…karena takutnya kalau programnya yang bajakan nanti programnya jelek ada yang tidak ada fiturnya dll.)selain itu teman -teman CD Windows XP ada dua versi yaitu, versi tray dan versi box, Untuk versi tray hanya berbentuk CD dan buku manual, sedangkan untuk versi box ada box-nya (ya iyalah..hmmm)
     

    ini adalah gambar CD versi tray (dibawah) dan CD versi box (diatas)

    2.   Masuklah ke menu BIOS untuk mencari fasilitas boot pertama kali lewat CD/DVD ROM. Tergantung BIOS yang ada, bisa menekan tombol DEL/ESC/F1 berulang-ulang saat pertama kali komputer dihidupkan.

    Sebagai contoh ini adalah Award BIOS, pada gambar yang dilingkari ubahlah menjadi CD/DVD, jika sudah simpan perubahan tersebut dengan menekan F10 , setelah itu simpan setting tersebut dan keluar. Proses booting akan mendeteksi CD/DVD dahulu, jika benar maka akan muncul proses instalasi Microsoft Windows Tekan sembarang tombol untuk memasuki proses instalasi Windows maksudnya tombol yang ada di keyboard aja

    3. CD Windows XP akan dibaca, dan akan keluar keterangan di bawahnya, itu adalah indikasi bawah Windows sedang me-load file-file tertentu untuk proses instalasi. Jika Windows sudah selesai membaca file-file tersebut maka akan muncul tampilan “Welcome Setup“ berikut:
    a.  To set up Windows XP now, press ENTER. Maksudnya kita mulai melakukan instalasi Windows, maka cukup menekan tombol ENTER.
    b.   To repair a Windows XP installation using Recovery Console, press R
    Maksudnya bahwa untuk recovery Windows jika terjadi masalah sistem tetapi ini jika kita sudah menginstal Windows terlebih dahulu.
    c.   To quit setup without installation Windows XP, press F3. Tujuannya adalah membatalkan proses instalasi Windows.


    4.  Pilih a  jika memang mau melakukan instalasi. Setelah menekan ENTER maka kita akan menuju langkah selanjutnya yaitu persyaratan untuk tunduk pada Licensing Agreement, dan anda harus menjawabnya dengan menekan F8, jika tidak dijawab atau ditolak maka anda tidak akan dapat meneruskan proses instalasi, jika anda setuju terhadap persyaratan tersebut maka akan masuk tahap berikutnya.

    5. Sekarang saatnya masuk ke proses pemilihan partisi harddisk, sebelumnya proses instalasi membaca adanya satu harddisk yang besarnya, misal 19093 MB atau 20 GB, jika anda sudah yakin sesuai keberadaan harddisk tersebut tekan Enter saja, untuk melakukan proses format harddisk.


    6.     Proses format harddisk.

    Anda bisa memilih tipe partisi, bisa FAT atau NTFS. Jika pilihan sudah benar pilih salah satu dan tekan Enter, maka instalasi akan lanjut ke tahap berikutnya.

    Ini contoh proses format sedang berlangsung.

    7.  Proses selanjutnya akan secara otomatis me-load file-file windows untuk di-copy ke dalam harddisk.
    Jika selesai akan terjadi restart otomatis. Proses instalasi selanjutnya akan dimulai dengan munculnya logo Windows.

     ini adalah logo windows xp

    8.   Setelah melewati tahap ini kita diminta untuk memasukkan parameter yang diminta dalam proses instalasi. Regional and Language Options, adalah memasukan lokasi dan bahasa yang digunakan.setelah memasukan lokaci dan bahasa kemudian klik next.

    9.   Tahap selanjutnya kamu bisa  memasukan nama dan organisasi kemudian tekan next

    10..disini kamu akan mengisikan Produk Key atau Serial Number dari type windows Kamu tekan Next lagi. 
     
      Memasukan Serial Number (25-key) yang ada di box atau CD
     nah seperti inilah jika semua produk key telah terisi dengan type windows

    11. Proses selanjutnya memasukan nama komputer dan password sistem, password disini bukan password saat kita masuk ke Windows, tetapi password yang akan digunakan jika kita akan mereparasi windows atau masuk safe mode.

    12. Mengatur set jam dan tanggal serta Time Zone Set Time Zone pada posisi (GMT+80:00) kemudian klik Next.


    13.  Setting network bisa diabaikan dengan tekan typical saja.
    typical setting : pada option settingan jaringan akan dibuat default windows dan juga
    Custom settings: Untuk mensetting jaringan kamu secara manual lalu klik Next.
    Sampai tahap ini kita akan menunggu sampai Windows selesai melakukan instalasi, jika proses selesai Windows akan melakukan restart atau booting ulang. Setelah booting ulang maka Windows akan melakukan setting lagi bagi pengguna atau final setup, setting terakhir dan Windows akan mulai bisa digunakan secara default.

    Ucapan "Welcome to Microsoft Windows" jika berhasil akan muncul seperti gambar di bawah, langkah selanjutnya lebih mudah tanpa dipandu pun pasti bisa.
         jika kamu mensetting jaringanmu dengan cara manual maka kamu akan mengklik next setelah itu bila        Kamu terhubung kejaringan local dengan domain pilih option Yes, lalu isi dengan nama DOMAIN yang sama dengan DOMAIN jaringan Kamu dan sebaliknya jika tidak terhubung kejaringan atau terhubung tapi tanpa DOMAIN pilih option No, sekali lagi tekan Next.
     
          Selanjutnya Kamu tinggal mengklik Ok,Next,Skip dan Finish juga diminta mengisikan nama kamu.          hingga Kamu berada pada tampilan Dekstop Windows seperti ini. Sekarang Kamu tinggal menginstal driver hardware CPU Kamu.

    14.  Selesai dengan tampilnya desktop Windows XP.

    setelah itu proses instalasi windows xp kamu selesai dan kamu bisa menggunakannya untuk kegiatan seperti menulis :serat,berita artikel dan kamu bisa menggunakan sistem yang ada diwindows xp dengan menggunakan microsoft office yang didalamnnya terdapat program pengolah kata seperti microsoft office word,program pengolah angka seperti microsoft office excel dan seterusnnya.(dikutip dari http://miftakey.blogspot.com/2011/11/tata-cara-install-windows-xp.html dan http://arasadeta.blogspot.com/2011/05/tata-cara-instalasi-windows-xp.html )
    semoga teman-teman mengerti ya...Terima kasih...

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar