marque

welcome to my blog, MY NAME IS YULI RAHMAWATI, THANK YOU FOR WELCOME. SEE YOU

Selasa, 26 Juni 2012

LEGENDA KOTA TARAKAN

kali ini saya akan memberitahukan teman teman tentang kota tarakan dari asal terbentuk sampai tradisi.. dan saya harap teman teman tau,"maksudnya dengan membaca ini anda bisa tau bagaiman sih kota tarakn terbentuk...dan tradisi yang sangat terkenal dikota kami...

Kota Tarakan berdasarkan cerita rakyat berasal dari bahasa Tidung kuno yakni dari kata Tarak dan Ngakan, dalam bahasa Tidung Tarak mempunyai arti bertemu sedangkan Ngakan berarti Makan. Kata ngakan merupakan indikasi bahwa para nelayan dulu sering berisitirahat dan makan dipulau ini, yang menjadi tempat pertemuan para nelayan disekitar pulau ini seperti dari daerah Salim batu, tana lia, Pulau bunyu, Sesayap, Sembakung dan lain lain. Tarakan juga sebagai tempat bermuaranya tiga sungai besar diutara Kalimantan Timur seperti sungai Sesayap/Malinau, Sungai Kayan, dan Sungai Sembakung.
Tarakan juga disebut dengan istilah Tengkayu yang dari bahasa Tidungnya berarti daerah yang dikelilingi oleh laut atau Pesisir.



Pulau seluas 241,5 KM yang sebagian besar masih merupakan hutan lindung terutama dipesisir pantai wilayah selatan. Kondisi ini merupakan panorama alam yang indah antara hutan lindung, bukit, hutan konservasi, kelong nelayan, perkebunan, pantai dan peninggalan sejarah berupa tugu jepang dan tugu ostrali.

Menurut sejarah Tarakan pernah menjadi lokasi pertempuran sengit perang dunia ke 2 antara tentara jepang dengan tentara ostrali. Sebanyak 235 tentara ostrali tewas pada pertempuran itu. Di kota Tarakan masih terdapat banyak tugu peringatan tentara ostrali di lokasi yang sekarang menjadi sebuah kompleks militer. Tugu peringatan ini dibangun untuk mengenang tentara ostrali yang tewas dalam upaya membebaskan Tarakan dari pendudukan jepang. Dilokasi lainnya terdapat kuburan tentara jepang yang berada dibekas bunker jepang dikawasan perbukitan .

Obyek wisata di kota Tarakan antara lain Pantai Amal yang berjarak 11 KM dari pusat kota. Pantai ini memiliki panorama nyiur melambai dengan pemandangan yang cukup indah dan letaknya di kecamatan Tarakan Timur. Setiap dua taon sekali di Pantai Amal ini akan diselenggarakan Pesta Adat Tidung yakni "IRAW TENGKAYU"
Kesenian Kota Tarakan
Tradisi Irau merupakan tradisi tahunan yang ada di Kota Tarakan.Trdisi ini merupakan tradisi tahaunan yang digelar di Pantai Amal.Selain tradisi Irau ada pula tradisi Tolak Balak yang kerap dilakukan kelompok-kelompok masyarakat tertentu.Ada pun kelompok-kelompok seni yang ada di Tarakan seperti Zapin,Reog,Barongsai,dll.

 
foto Festival Irau Tengkayu
 Tarakan Kota BAIS adalah slogan kota Tarakan. Kata BAIS merupakan implementasi dari pememerintah kota untuk mewujudkan little Singapore “Tarakan The Little Singapore”. Selain itu sebagai kota jasa yang sedang berkembang di wilayah Kalimantan Timur bagian utara, Slogan BAIS merupakan harga mati. BAIS sendiri adalah kepanjangan dari Bersih, Aman, Indah, dan Sejahtera. Penjabaranya sebagai berikut:
B untuk BERSIH: Untuk masalah kebersihan bisa dibilang Tarakan adalah kota yang bersih . Hal ini dapat dilihat dari jarangnya sampah yang berhamburan seperti di kota lain. Sementara sikap pemerintah juga sangat mendukung kebersihan kota dengan adanya DKPP yang senantiasa menjaga kebersihan kota Tarakan.
A untuk AMAN: Keamanan adalah prioritas utama dari pemerintah kota Tarakan. sementara dari sudut pandang saya dari segi keamanan kota Tarakan bisa dibilang sangat aman dibandingkan dari tingkat kriminalitas di kota-kota lain di indonesia. Hal ini dapat di perhatikan jika anda berkunjung ke kota Tarakan tampak banyak kendaraan bermotor yang hanya di parkir di teras rumah. Ini merupakan fenomena yang langkah jika anda berada di Kota lain di indonesia.
I untuk INDAH: Keindahan Tarakan mungkin tak seindah panorama di Bali dan tempat tempat lain. Indah di sini memiliki artian indah dari segi penataan dan keteraturan tata kota yang indah. Dilihat dari peta Master Plan Tarakan, keindahan tata kota akan lebih baik lagi dalam kurun waktu lima tahun kedepan.
S untuk SEHAT dan SEJAHTERA : Untuk mewujudkan Tarakan yang sehat dan sejahtera pemerintah telah membangun RSUD sebagai sumber pelayanan Kesehatan. Konon RSUD ini adalah RSUD terbesar di wilayah Kalimantan Timur bagian utara. Bahkan anggaran untuk RSUD ini menelan anggaran cukup sebesar. Hal ini merupakan sikap pemerintah Kota Tarakaan dan dukungan Pemprov KALTIM untuk mewujudkan Tarakan yang sehat dan sejahtera.
Sebagai salah satu warga Tarakan saya hanya berharap bahwa kata Tarakan Kota BAIS bukan hanya selogan semata yang di pajang di spanduk-spanduk serta banner-banner dan luntur dimakan waktu. Satu lagi harapan besar saya agar sikap pemerinta tetap konsisten dengan slogan yang di usungnya tidak hanya berhenti samapai di situ. semangat buat Pemkot Tarakan jayakan Tarakan sebagai Kota BAIS.
sumber: http://fandy-trk.blogspot.com/2010/05/tarakan-kota-bais.html
 WISATA KOTA TARAKAN

 Hutan manggrove
(habitat bekantan)

 Pantai amal baru

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar