marque

welcome to my blog, MY NAME IS YULI RAHMAWATI, THANK YOU FOR WELCOME. SEE YOU

Minggu, 23 Oktober 2011

cara membuat Es Krim dari Ubi Ungu

Es Krim Ubi jalar




Berawal dari rasa penasaran campur kangen dengan Ube Ice Cream (Es Krim rasa Ube/Ubi) yang duluuuuu pernah makan waktu masih masuk Indonesia tuh Es Krim. Kalo ga salah buatan Walls deh, lupa2 inget juga. Enak banget tuh es krim. Rasanya khas. Waktu lagi buka2 koleksi majalah Santap, nemu resep Es Krim Ubi Ungu ini. Langsung deh pikirannya melayang2 ngebayangin Ube Ice Cream yg dulu pernah makan. Sluuurp...! Langsung berangkat ke supermarket langganan, cari ubi ungu thailand. Kenapa yang thailand? Karena kalo yg thailand, ubi nya luar dalam berwarna ungu. Sedangkan yg jepang, hanya luarnya aja yang berwarna ungu. Saya pengen bikin es krim ini tanpa pewarna tambahan, jadi dipilihlah ubi ungu thailand supaya warna ungu nya nonjok....:).

Sebenernya bikin es krim rada ga cocok sama cuaca di Jakarta akhir2 ini yang mendung. Tapi rasa penasaran udah mengalahkan cuaca....halah. Ga ada kesulitan berarti siy waktu bikinnya. Hanya perlu kesabaran aja, bolak-balik dinginin, mixer, dinginin lagi, untuk mendapatkan ice cream yg smooth dan creamy.


Bahan:
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa ----- kl sy pake santan instan cair
  • 2 batang kayu manis
  • 3 butir cengkeh
  • 150 gr gula pasir ----- ini bs dikurangi kl mau ga terlalu manis
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, sobek dan simpulkan
  • 300 gr ubi jalar (warna ungu kl ada) ----- sy pake ubi ungu thailand
  • 250 ml krim kocok segar (whipping cream)
Cara Membuat:
  1. Campur santan dengan kayumanis, cengkeh, gula pasir dan garam. Tambahkan daun pandan. Masak sambil diaduk sampai mendidih. Sisihkan.
  2. Kukus ubi jalar ungu hingga lunak, haluskan selagi panas dengan disaring atau dengan penekan kentang (jangan melumatkan dengan blender). Campurkan ubi ungu pada santan, aduk rata. Saring lagi bila perlu. Beri pewarna ungu (sy ga pake, krn sy pake jenis ubi ungu thailand, dmn warna ubi nya luar dalem ungu, sehingga hasilnya udah ungu banget).
  3. Pindahkan adonan ke dalam container plastik, atau lebih baik lagi wadah dari stainless steel. tutup rapat dan dinginkan dulu dalam lemari es agar adonan cukup dingin.
  4. Kocok krim hingga kaku dalam mangkuk yang telah didinginkan dalam lemari es. Gunakan kecepatan sedang. Masukkan krim kocok ke dalam adonan yang telah dingin, aduk balik hingga rata.
  5. Membekukan: pindahkan adonan ke dalam container plastik atau lebih baik lagi wadah dari stainless steel. Bekukan sampai adonan pada pinggir wadah mulai mengeras. Keluarkan, haluskan dengan mixer atau dalam blender. Bekukan lagi.
  6. Lakukan proses ini 2 - 3 kali sampai es krim benar2 membeku dan keras.
  7. Penyajian: sajikan dengan whipping cream dan taburi kacang mete gepuk. (kalo saya, ditaburi almond flake yg udah disangrai).
 Note:
  • untuk rasa yang lebih original, kayumanis dan cengkeh bisa ditiadakan, diganti dengan esens talas. i think it's worth to try. karena yang saya buat ini rasanya mirip2 bubur ketan item....:)). 
  • jangan mengabaikan penambahan topping kacang mete gepuk ato kalo saya almond flakes yg udah disangrai. krn topping ini bener2 membantu rasa 'berat' dari es krim ini dan menaikkan cita rasanya.
  • one scoop is enough. karena es krim ini terbuat dari ubi, jadi cukup mengenyangkan. bisa menggantikan satu porsi nasi....:))

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar